HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEJADIAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK PRA SEKOLAH DI PAUD SERBA CERIA SERDANG BEDAGAI

  • Pinki Wulandari Universitas Murni Teguh
  • Dior Manta Tambunan Universitas Murni Teguh
Keywords: Anak Prasekolah, Pola asuh, Temper Tantrum

Abstract

Temper tantrum adalah perilaku umum pada anak pra-sekolah, ditandai oleh ekspresi emosi berlebihan dan perilaku tak terkendali, muncul akibat frustrasi dan kemarahan anak. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi hubungan antara pola asuh orang tua dengan kejadian temper tantrum pada anak pra-sekolah di PAUD Serba Ceria, Serdang Bedagai. Meode penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survei cross-sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, sehingga jumlah responden yang diambil adalah sebanyak 39 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner pola asuh orang tua dan temper tantrum yang diadopsi dari penelitian sebelumnya yang telah diuji validitas dan reliabilitas oleh peneliti sebelumnya. Analisis data dilakukan dengan Korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pola asuh orang tua adalah baik sejumlah 34 responden (87,2%) dan mayoritas kejadian temper tantrum pada anak prasekolah adalah baik (84,6%). Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan signifikan (Sig. = 0,002 < 0,05) antara pola asuh orang tua dengan krjadian temper tantrum. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pola asuh yang baik dari orang tua berkaitan positif dengan peningkatan kejadian temper tantrum pada anak prasekolah, maka diperlukan pendekatan pola asuh yang baik untuk mengurangi temper tantrum pada anak pra-sekolah. Direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya untuk menambahkan variabel dinamika keluarga, gaya komunikasi, atau pengaruh budaya.

Published
2024-04-18