HUBUNGAN RESPONSE TIME DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT MURNI TEGUH MEMORIAL HOSPITAL MEDAN

  • Ramot Reynaldi Lumban Gaol Universitas Murni Teguh
  • Muhammad Taufik Daniel Hasibuan Universitas Murni Teguh
Keywords: Instalasi Gawat Darurat, Kepuasan Pasien, Response Time

Abstract

Pelayanan pasien gawat darurat merupakan pelayanan yang memerlukan tindakan segera, yaitu cepat, tepat serta cermat untuk mencegah kematian dan kecacatan. Salah satu indikator mutu di IGD adalah waktu tanggap (response time). Penanganan yang lambat akan membuat pasien merasa tidak puas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan response time dengan tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini adalah penelitian studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di IGD Murni Teguh Memorial Hospital Medan. Jumlah populasi sebanyak 1.174 orang dan sampel diperoleh sebanyak 92 orang. Penarikan sampel dengan cara accidental sampling. Analisis dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji Spearman Rho dengan tingkat kepercayaan 95% (a=0,05). Hasil penelitian memaparkan bahwa Response time di Instalasi Gawat Darurat Murni Teguh Memorial Hospital dalam kategori ≤5 menit (54,2%). Kepuasan pasien dalam kategori puas (46,7%). Response time berhubungan dengan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat Murni Teguh Memorial Hospital tahun 2022, p=0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Response time berhubungan signifikan dengan kepuasan pasien. Disarankan pimpinan IGD Murni Teguh Memorial Hospital untuk membuat Pelatihan BTCLS yang harus diikuti oleh seluruh perawat IGD, sehingga mampu memberikan response time yang berdampak terhadap peningkatan kepuasan pasien.

Published
2024-04-18