PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK USIA SEKOLAH DI MEDAN

  • May Whitman Mendrofa Universitas Murni Teguh
  • Muhammad Taufik Daniel Hasibuan Universitas Murni Teguh
Keywords: Health Education, Animated Videos, Clean and Healthy Living Behavior

Abstract

Clean and healthy living behavior is an individual, group, and organizational action including social change, policy development and implementation, improving coping skills, and improving quality of life. Clean and healthy living behavior is defined as personal attributes such as beliefs, expectations, motives, values, perceptions, and other cognitive elements, personality characteristics, including affective and emotional states and traits, and patterns of behavior, actions, and overt habits related to health maintenance, health recovery, and health improvement. The aim of this study was to see the influence of health education using animated videos on clean and healthy living behavior in school-age children. This type of research is quantitative with an experimental design and uses the pre-test-post-test method. The population in this study were all fifth grade students totaling 22 people. The sampling technique in this study used total sampling. The data were analyzed using the Wilcoxon test and the p-value results were obtained = 0.000. It was concluded that there was an effect of health education using animated videos on clean and healthy living behavior in school-age children at Adventist Elementary School 6 No.98A Medan.

 

Abstrak

Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan tindakan individu, kelompok, dan organisasi termasuk perubahan sosial, pengembangan dan implementasi kebijakan, peningkatan keterampilan koping, dan peningkatan kualitas hidup. Perilaku hidup bersih dan sehat didefinisikan sebagai atribut pribadi seperti keyakinan, harapan, motif, nilai, persepsi, dan elemen kognitif lainnya, karakteristik  kepribadian,  termasuk  keadaan dan sifat afektif dan emosional, dan pola perilaku, tindakan, dan  kebiasaan terbuka yang terkait dengan pemeliharaan kesehatan, pemulihan kesehatan, dan peningkatan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan video animasi terhadap perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia sekolah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen dan menggunakan metode pre test-post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas V yang berjumlahkan 22 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Data di analisis dengan menggunakan uji Wilcoxon dan didapatkan hasil p-value =0.000. Disimpulkan ada pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan video animasi terhadap perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia sekolah di sd Advent 6 No.98A Medan.

References

1. KemeProfil Sanitasi Sekolah Tahun 2017ntrian Pendidikan dan Kebudayaan. Profil Sanitasi Sekolah Tahun 2017 [Internet]. 2017. 76 p. Available from: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2020/04/Profil-Sanitasi-Sekolah-Tahun-2017.pdf
2. Patandung VP, Royke A, Langingi C, Rembet IY, David BY, Tinggi S, et al. Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak-Anak. J Pengabdi Kpd Masy MAPALUS Sekol Tinggi Ilmu Kesehat Gunung Maria Tomohon. 2022;1(1):2022.
3. RI K. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) penguatan kapabilitas anak dan keluarga. Direktorat Rehabil Sos Anak. 2020;1–14.
4. Rahman A, Munandar SA, Fitriani A, Karlina Y, Yumriani. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa Kaji Pendidik Islam. 2022;2(1):1–8.
5. R Manado RDK, Tumiwa FF. Dampak Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Irina E Pendahuluan Hospitalisasi merupakan suatu keadaan krisis pada anak , saat anak sakit dan dirawat di rumah sakit , keadaan ini terjadi karena anak berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungan asing. 1980;9:67–73.
6. Nelwan JE, Musa EC, Sumampouw OJ. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Pada Siswa Sekolah Dasar Kartika Jaya XXI-1 Kota Manado. J Pengabdi Masy Bangsa. 2023;1(9):2088–99.
7. Pengaruh+Media+Video+Animasi+Ten tang+Kebersihan+Gigi+Dan+Mulut+Terhadap+Pengetahuan+Siswa+Sekolah+Dasar+Negeri+Getas+03+Demak.
8. Sari IK, Morika HD, Nur SA, Masdalena. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Animasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sdn 10 Surau Gadang Kota Padang. J Abdimas Saintika. 2020;5(2):131–5.
Published
2025-05-31