PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF “INDEX CARD MATCH” DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN
Abstract
Nursing education is expected to adapt educational management policies through curriculum updates and the implementation of innovative learning models. One proven effective cooperative learning model is Index Card Match, designed to encourage active student engagement and foster creativity and independence in learning. This model also trains students' critical thinking skills through problem-solving. This study focuses on nursing students at Cenderawasih University (UNCEN), who have diverse characteristics, coming from both Papua Province and outside Papua. Phenomenological study results indicate that Papuan students face challenges in classroom interactions, influenced by physical and cultural differences, which in turn reduce their learning interest and motivation. Therefore, the implementation of Index Card Match is expected to enhance collaboration, understanding, as well as interest and learning outcomes. This study uses a quasi-experimental method with a one-group pretest-posttest design, involving 30 nursing students. The findings show that the application of the active learning model Index Card Match significantly improves students' interest and learning outcomes (p < 0.05). Thus, this model needs to be consistently applied in courses requiring active interaction to maintain and further enhance learning outcomes.
Abstrak
Pendidikan keperawatan diharapkan mampu menyesuaikan kebijakan manajemen pendidikan melalui pembaruan kurikulum dan penerapan model pembelajaran inovatif. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang terbukti efektif adalah Index Card Match, yang dirancang untuk mendorong keterlibatan aktif mahasiswa serta mengembangkan kreativitas dan kemandirian dalam belajar. Model ini juga melatih keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui pemecahan masalah. Penelitian ini berfokus pada mahasiswa keperawatan di Universitas Cenderawasih (UNCEN) yang memiliki karakteristik beragam, baik dari Provinsi Papua maupun luar Papua. Hasil studi fenomenologi menunjukkan bahwa mahasiswa Papua menghadapi hambatan dalam interaksi kelas, yang dipengaruhi oleh perbedaan fisik dan budaya, yang pada gilirannya menurunkan minat belajar dan motivasi mereka. Oleh karena itu, penerapan Index Card Match diharapkan dapat meningkatkan kerja sama, pemahaman, serta minat dan hasil belajar mereka. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan desain one-group pretest-posttest, melibatkan 30 mahasiswa keperawatan. Temuan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran aktif Index Card Match secara signifikan meningkatkan minat dan hasil belajar mahasiswa (p < 0,05). Oleh karena itu, model ini perlu diterapkan secara konsisten pada mata kuliah yang memerlukan interaksi aktif untuk terus mempertahankan dan meningkatkan hasil belajar.
References
2. Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia. Kurikulum Pendidikan Ners Indonesia Tahun 2021. Aipni. 2021;185.
3. Pattimura NA, Rosa EM. Pengembangan learing card untuk meningkatkan kerja sama tim dan pengetahuan mahasiswa : literature riview. J Citra Delima [Internet]. 2021;4(2):85–93. Available from: http://jurnalilmiah.stikescitradelima.ac.id/index.php/
4. Riyadi S, Wiyati R, Haryati W. Penerapan model pembelajaran aktif dengan media pencocokan kartu untuk meningkatkan hasil belajar riset keperawatan. J Link. 2015;11(1):914–20.
5. Zubaidi A. Perbandingan metode index card (table) match dan timeline dalam peningkatan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam. el-Tarbawi. 2019;12(2):211–31.
6. Rosa EM, Sundari S, Ambarwati ER, Suryandari G. “ E- Matching Card ” to Improve Cooperation and Cognitive Abilities Among Nursing Students. J Keperawatan Indones. 2023;2(26):89–96.
7. Annisa F, Marlina M. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. J Basicedu. 2019;3(4):1047–54.
8. Budiman I. Peningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe index. J Kinerja Pendidik. 2020;2(2):321–30.
9. Muflihah A. Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika. J Pendidik Indones. 2021;2(1):152–60.
10. Lestari I, Pariama S, Rahmawati AI, Santoso T. Analisis motivasi belajar matematika mahasiswa Papua. Seminar Nasional Pendidikan. 2023;01(01):22–7.
11. Hasibuan MTD, Mendrofa HK, Silaen H, Tarihoran Y. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Indones Trust Heal J. 2020;3(2):387–93.
12. Wijanarko E, Syafiq M. Studi Fenomenologi Pengalaman Penyesuaian Diri Mahasiswa Papua Di Surabaya. J Psikol Teor dan Terap. 2017;3(2):79.
13. Fitrianti A, Riyandani F. Hambatan Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Papua di Kota Semarang. J Pendidik Tambusai. 2023;7:18042–6.
14. Faul F, Erdfelder E, Buchner A, Lang AG. Statistical power analyses using G*Power 3.1: Tests for correlation and regression analyses. Behav Res Methods. 2009;41(4):1149–60.
15. Nazariah S. Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Pelajaran IPS Kelas V. J Educ [Internet]. 2020;3(2):148–57. Available from: http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/al-mudarris
16. Zebua EY, Raikhapor R, Hutabarat EH, Simatupang L, Pardede BP. Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas XI SMK Negeri materi pembelajran kepada peserta didik , untuk itu diperlukan model pembelajaran . Model. J Budi Pekerti Agama Kristen dan Katolik. 2025;2(3):283–93.
17. Hidayat T, Amaano Fau, Darmawan Harefa. Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu. TUNAS J Pendidik Biol. 2023;4(1):61–72.
18. Riza Mastita A, Sihombing LN, Sitio H. Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SD Negeri Simalungun. J Pendidikan, Sains Sos dan Agama. 2023;8(2):635–48.
19. Karyono K. Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Index Card Match dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik. Cive J Penelit Pendidik Pancasila dan Kewarganegaraan. 2023;3(7):233–40.
20. Zahwa NR, Erwin E. Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. J Basicedu. 2022;6(4):7503–9.
21. Saptariani D. Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Memahami Struktur Dan Kaidah Teks Eksplanasi Kompleks Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. J Teknol Pendidik. 2020;9(2):162.
Copyright (c) 2025 Indonesian Trust Health Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.